Masyarakat Tidak Mampu Filipina Gunakan Lampu Botol Surya
Oleh hanaa fitari
Rabu, September 21, 2011 08:11:18 Send to a friend Print Version

Dengan menggunakan lampu botol surya, kini sebagiab besar masyarakat tidak mampu bisa menikmati terangnya rumah mereka di siang hari.

Di berbagai negara berkembang, terutama di wilayah perkampungan yang sudah sangat padat, dimana tidak ada lagi jarak antar rumah, membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah melalui jendela adalah hal yang sangat tidak memungkinkan. Padahal sinar matahari ini sangat bermanfaat selain sebagai penerangan juga bagi kesehatan.

Filipina adalah salah satunya. Untuk memecahkan masalah itu di Filipina, sebuah organisasi bernama MyShelter Foundation melakukan kampanye berlabel Isang Litrong Liwanag atau yang berarti Satu Liter Cahaya. Kampanye tersebut mempromosikan penggunaan lampu botol surya bagi masyarakat tidak mampu yang tinggal di wilayah padat pemukiman yang tidak memiliki akses terhadap listrik.

Lampu botol surya ini awalnya dikembangkan oleh mahasiswa MIT. Dengan hanya menggunakan botol plastik bekas yang telah diisi air, lampu botol surya tersebut siap digunakan. Hanya saja sebelum bisa menggunakannya, sang pemilik rumah harus rela melubangi bagian rumahnya seluas ukuran diameter botol plastik berisi air satu liter tersebut. Botol plastik kemudian dipasang dan untuk mengurangi terjadinya pertumbuhan jamur, lumut dan sebagainya, dituangkan sejumlah kecil larutan pemutih. Hasilnya lampu botol plastik tersebut akan memendarkan sinar matahari ke dalam rumah dengan cahaya yang setara dengan bola lampu 55 Watt.

Meski lampu tersebut hanya bisa menyala selama matahari bersinar, artinya pada siang hari dan tidak tertutup mendung, setidaknya bagi masyarakat tidak mampu hal tersebut sudah sangat berarti. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya operasional dan pemeliharaan. Bahkan menurut MyShelter Foundation, lampu botol surya tersebut bisa bertahan hingga lima tahun. Saat ini pemerintah kota Manila membayar lampu yang dibuat oleh masyarakat, sementara organisasi tersebut memberikan pelatihan cara membuat lampu dan memasangnya.
isanglitrongliwanag
Save big at CompostBins.com



Artikel Lampu Ramah Lingkungan Lainnya

Lampu plasma, lebih hemat...


LUXIM, sebuah perusahaan yang didirikan pada...

Mengubah botol menjadi lampu...


Solarbulb, lampu hemat energi yang didesain menggunakan sel surya untuk menyuplai energi...

Desain Baru Lampu LED...


Kenangan lampu pijar akan tetap abadi dengan desain lampu LED Panasonic yang dibuat mirip dengan...

Lampu Penerangan Jalan Kini...


Lampu penerangan jalan mulai berbenah dengan teknologi smart lighting, panel surya, dan lampu LED.

Terpopuler Minggu Ini


    Save big at CompostBins.com

    Artikel Informatif Lainnya

    • Rokok Bisa Jauh Lebih Mahal, Jika Tembakau Berpotensi Sebagai Biofuel
      Senin, Januari 04, 2010 09:16:11
      Ada kabar baik bagi yang tidak suka asap rokok, tetapi menyukai energi ramah lingkungan, tetapi kabar buruk bagi penggemar rokok karena harus merogoh dompet lebih dalam untuk hanya sekedar menghisap asap nikotin. 
    • Jamur Urai Senyawa Berbahaya Bisphenol A Tanpa Bekas
      Kamis, Mei 20, 2010 13:28:29
      Ilmuwan di India telah menemukan metode untuk mengurai Bisphenol A dari plastik tanpa meninggalkan residu dengan menggunakan jamur. 
    • Sharp berkompetisi di industri sel surya
      Rabu, Desember 05, 2007 08:57:43
      Sekitar 22 milyar yen akan dipersiapkan Sharp untuk membiayai produksi sel surya film tipis menjadi 10 kali lipatnya, yang hanya akan menggunakan seperseratus bahan mentah silikon dibandingkan dengan sel surya kristalin konvensional.
    • GE dan Hitachi Manfaatkan Produk Daur Ulang Limbah PLTN
      Jumat, Februari 19, 2010 07:47:58
      Saat ini limbah nuklir hanya disimpan di suatu lokasi yang tidak berpenghuni dengan kedalaman tertentu, salah satunya seperti di pegunungan Yucca, Nevada, Amerika Serikat. GE Hitachi menawarkan teknik daur ulang yang bisa jauh mengurangi dampak lingkungan dan keamanan. 
    • Katalis Baru Tiru Fotosintesis, Pasok Rumah Dengan Energi Listrik Dan Hidrogen Dari Sebotol Air
      Senin, Maret 08, 2010 10:39:52
      Sun Catalytix berhasil membuat prototip yang berfungsi untuk mengubah sebotol air menjadi energi listrik yang cukup bagi rata-rata satu rumah di Amerika Serikat atau sekitar 30 kWh per hari sekaligus menyediakan hidrogen bagi kendaraan masa depan Anda.