Di Rengasdengklok, Eceng Gondok Menjadi Alternatif Pengganti Gas Elpiji
Oleh wedha augusta
Selasa, Juli 20, 2010 08:31:15 Send to a friend Print Version

Eceng gondok mempunyai potensi menjadi bahan baku biogas. Sebuah desa di Rengasdengklok memanfaatkannya menjadi pengganti gas elpiji.

Eceng gondok, tanaman yang selama ini dikenal sebagai tanaman yang merugikan dan merusak habitat air, ternyata memberi manfaat bagi warga di desa Kertasari, kecamatan Rengasdengklok, Karawang.

Bagi warga desa tersebut, eceng gondok yang mempunyai nama latin eichhornia crassipes sangat tepat menjadi alternatif potensi biogas. Gulma yang hidup mengapung di air dan tidak mempunyai batang, selain daun dan akar yang menempel pada dasar sungai, kolam dan perairan dangkal mampu tumbuh dengan sangat cepat, terutama pada perairan yang mengandung banyak nutrien seperti nitrogen, fosfat  dan potasium, sehingga sangat berpotensi menjadi bahan baku biogas.

Pengolahan eceng gondok menjadi biogas pun relatif tidak sulit. Warga hanya memotong-motong daunnya menjadi potongan kecil. Kemudian potongan tersebut dimasukkan ke dalam tabung reaktor yang terbuat dari dua drum yang disatukan.

Proses untuk menghasilkan gas membutuhkan waktu tujuh hari. Setelah gas dihasilkan maka, gas akan mengalir mengisi tabung reaktor kedua. Pengisian bahan baku harus tetap dilakukan untuk menjamin pasokan gas dari reaktor pertama tetap ada.

Menurut perhitungan warga desa tersebut, untuk pemakaian biogas yang digunakan secara terus menerus, dibutuhkan eceng gondok sebanyak 30 kilogram. Sedangkan besarnya biaya investasi yang dibutuhkan untuk memproduksi biogas alternatif tersebut relatif murah. ''Tidak sampai Rp 700 ribu,'' jelas Edeng Sumirat.
liputan6.com
Save big at CompostBins.com



Artikel Bio Energy Lainnya

Batang dan tangkai padi...


Menyiasati tingginya harga pangan dan tingginya harga minyak, para peneliti di Cina melakukan riset...

Butuh Upaya Bangun Biofuel


Jakarta - Target pemerintah menambah 6 juta hektar lahan kelapa I sawit untuk menghasilkan 22,5...

Rokok Bisa Jauh Lebih Mahal,...


Ada kabar baik bagi yang tidak suka asap rokok, tetapi menyukai energi ramah lingkungan, tetapi...

Presiden : Percepat Produksi...


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan supaya pembangunan dan pengembangan energi...

Terpopuler Minggu Ini


    Save big at CompostBins.com

    Artikel Informatif Lainnya

    • Scotland Boosts Ocean Power with $25 M Grant
      Rabu, Februari 28, 2007 09:59:54
      Scottish Power announces plans to build 3 MW wave farm that will come online in 2008. 
    • Menghemat BBM dengan air
      Rabu, Mei 28, 2008 11:15:29
      Kenaikan harga BBM saat ini bisa disiasati dengan penggunaan alat yang dikembangkan oleh Djoko Sutrisno di Yogyakarta dan mampu menghemat hingga 90%.
    • Turbin Angin Electric Pinwheels Mudah Dipasang Sendiri
      Selasa, November 23, 2010 09:19:06
      Perangkat konversi energi terbarukan menjadi listrik kini semakin user friendly. Mudah pemasangannya dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu keterampilan khusus, seperti turbin angin yang diproduksi oleh Electric Pinwheels. 
    • Ethanol berbasis jagung, benarkah ramah lingkungan?
      Senin, April 20, 2009 15:47:32
      Sebagian besar orang beranggapan ethanol adalah bahan bakar bio yang ramah lingkungan. Bagaimana kaitannya dengan konsumsi air pada proses penanaman jagungnya hingga produksi ethanol? 
    • Sunflower: Monitor Komputer LED Dengan Teknologi Sistem PLTS
      Senin, Februari 28, 2011 07:46:26
      Sunflower meniru sistem pembangkit listrik tenaga surya dengan mengintegrasikan sel-sel surya di bagian depan monitor komputernya serta sistem penjejak arah sinar matahari di bagian engsel penyangganya.