Di Rengasdengklok, Eceng Gondok Menjadi Alternatif Pengganti Gas Elpiji
Oleh wedha augusta
Selasa, Juli 20, 2010 08:31:15 Send to a friend Print Version

Eceng gondok mempunyai potensi menjadi bahan baku biogas. Sebuah desa di Rengasdengklok memanfaatkannya menjadi pengganti gas elpiji.

Eceng gondok, tanaman yang selama ini dikenal sebagai tanaman yang merugikan dan merusak habitat air, ternyata memberi manfaat bagi warga di desa Kertasari, kecamatan Rengasdengklok, Karawang.

Bagi warga desa tersebut, eceng gondok yang mempunyai nama latin eichhornia crassipes sangat tepat menjadi alternatif potensi biogas. Gulma yang hidup mengapung di air dan tidak mempunyai batang, selain daun dan akar yang menempel pada dasar sungai, kolam dan perairan dangkal mampu tumbuh dengan sangat cepat, terutama pada perairan yang mengandung banyak nutrien seperti nitrogen, fosfat  dan potasium, sehingga sangat berpotensi menjadi bahan baku biogas.

Pengolahan eceng gondok menjadi biogas pun relatif tidak sulit. Warga hanya memotong-motong daunnya menjadi potongan kecil. Kemudian potongan tersebut dimasukkan ke dalam tabung reaktor yang terbuat dari dua drum yang disatukan.

Proses untuk menghasilkan gas membutuhkan waktu tujuh hari. Setelah gas dihasilkan maka, gas akan mengalir mengisi tabung reaktor kedua. Pengisian bahan baku harus tetap dilakukan untuk menjamin pasokan gas dari reaktor pertama tetap ada.

Menurut perhitungan warga desa tersebut, untuk pemakaian biogas yang digunakan secara terus menerus, dibutuhkan eceng gondok sebanyak 30 kilogram. Sedangkan besarnya biaya investasi yang dibutuhkan untuk memproduksi biogas alternatif tersebut relatif murah. ''Tidak sampai Rp 700 ribu,'' jelas Edeng Sumirat.
liputan6.com

Artikel Bio Energy Lainnya

Sorgum manis, tanaman ajaib...


Sorghum manis bisa menjadi alternatif tanaman pengganti untuk pakan ternak sekaligus bahan bakar...

Batang dan tangkai padi...


Menyiasati tingginya harga pangan dan tingginya harga minyak, para peneliti di Cina melakukan riset...

Boeing Operasikan Pabrik...


Boeing dan Commercial Aircraft Corp of China bekerja sama membangun pabrik percotohan pengolahan...

''Mencuri'' Listrik Dari Algae


Riset algae sebagai sumber energi alternatif melangkah lebih jauh. Jika kini masih dibutuhkan...

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • Pembangkit listrik biomassa skala kecil tidak lebih ramah lingkungan
      Jumat, Mei 16, 2008 09:41:36
      Sebuah studi yang dilakukan University of Manchester, University of Ulster dan Aston University, memaparkan tingginya tingkat emisi yang dihasilkan pembangkit listrik skala kecil berbasis biomassa.
    • AMSC's Windtec to Develop 3 MW & 5 MW Wind Energy Systems
      Kamis, Maret 15, 2007 10:15:38
      Multi-million-dollar contract with Beijing-based Sinovel Wind is for higher power wind systems.
    • Energy Under Water
      Rabu, April 18, 2007 09:42:04
      New York - The murky rivers around New York City bring to mind many things - garbage, chemicals, perhaps mobsters' bodies - but clean energy is not one of them.--worldnews--
    • Ban Mobil Buatan Mikroba
      Jumat, Maret 26, 2010 10:51:41
      Sebuah kerja sama riset yang dilakukan antara perusahaan bioteknologi dengan pabrikan ban mobil bisa menghasilkan ban mobil yang lebih ramah lingkungan. 
    • Fotosintesa untuk menghasilkan hidrogen sebanyak oksigen
      Rabu, April 02, 2008 08:29:26
      Ilmuwan-ilmuwan yang berada di belakang Argonne National Laboratory, sebuah laboratorium energi departemen energi Amerika Serikat sedang mengembangkan teknik memanipulasi algae secara kimia untuk memproduksi gas hidrogen.--argonne national laboratory--