Di Rengasdengklok, Eceng Gondok Menjadi Alternatif Pengganti Gas Elpiji
Oleh wedha augusta
Selasa, Juli 20, 2010 08:31:15 Send to a friend Print Version

Eceng gondok mempunyai potensi menjadi bahan baku biogas. Sebuah desa di Rengasdengklok memanfaatkannya menjadi pengganti gas elpiji.

Eceng gondok, tanaman yang selama ini dikenal sebagai tanaman yang merugikan dan merusak habitat air, ternyata memberi manfaat bagi warga di desa Kertasari, kecamatan Rengasdengklok, Karawang.

Bagi warga desa tersebut, eceng gondok yang mempunyai nama latin eichhornia crassipes sangat tepat menjadi alternatif potensi biogas. Gulma yang hidup mengapung di air dan tidak mempunyai batang, selain daun dan akar yang menempel pada dasar sungai, kolam dan perairan dangkal mampu tumbuh dengan sangat cepat, terutama pada perairan yang mengandung banyak nutrien seperti nitrogen, fosfat  dan potasium, sehingga sangat berpotensi menjadi bahan baku biogas.

Pengolahan eceng gondok menjadi biogas pun relatif tidak sulit. Warga hanya memotong-motong daunnya menjadi potongan kecil. Kemudian potongan tersebut dimasukkan ke dalam tabung reaktor yang terbuat dari dua drum yang disatukan.

Proses untuk menghasilkan gas membutuhkan waktu tujuh hari. Setelah gas dihasilkan maka, gas akan mengalir mengisi tabung reaktor kedua. Pengisian bahan baku harus tetap dilakukan untuk menjamin pasokan gas dari reaktor pertama tetap ada.

Menurut perhitungan warga desa tersebut, untuk pemakaian biogas yang digunakan secara terus menerus, dibutuhkan eceng gondok sebanyak 30 kilogram. Sedangkan besarnya biaya investasi yang dibutuhkan untuk memproduksi biogas alternatif tersebut relatif murah. ''Tidak sampai Rp 700 ribu,'' jelas Edeng Sumirat.
liputan6.com

Artikel Bio Energy Lainnya

Tak ada jagung, tongkolnya...


Poet, perusahaan yang selama 20 tahun lebih...

Budi Acid Bangun PLTBG Rp...


PT Budi Acid Jaya Tbk akan memba?ngun pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG) dengan kapasitas 6,7...

Bakteri E-Coli ''dipaksa''...


Para peneliti di UCLA Henry Samueli School of Engineering and Applied Science berhasil memaksa...

Exxon Umumkan Lakukan Riset...


Exxon telah melakukan riset biofuel berupa ethanol dengan hasil yang lebih besar dari jagung, tebu...

Terpopuler Minggu Ini

  • Jepang Miliki PLTS Terapung Besar
    Jumat, April 24, 2015 09:08:59
    Dibaca 22 kaliAkhirnya Jepang selesaikan pembangunan PLTS Terapung besar yang mampu membangkitkan listrik untuk 920 rumah. 

Lazada Indonesia

Artikel Informatif Lainnya

  • Sanbury's manfaatkan listrik dari tempat parkir
    Kamis, Juli 02, 2009 05:54:23
    Sebuah swalayan di Inggris mempunyai ide untuk tidak menyia-nyiakan banyaknya kendaraan yang masuk dan meninggalkan tempat parkirnya. 
  • Bantar Gebang Akan Miliki Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Sampah
    Selasa, Februari 16, 2010 13:46:44
    Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi akan mengelola sampah bersama sekaligus menghasilkan listrik.
  • Polutan berbahaya dari bahan bakar fosil lebih tinggi di area yang jauh dari kota
    Kamis, Oktober 25, 2007 08:23:57
    Meski asap kendaraan bermotor merupakan sumber nitrogen oksida terbesar, tetapi berdasar analisa komposisi isotopnya ditemukan pula bahwa pembangkit-pembangkit listrik dan pabrik-pabrik merupakan sumber polutan utama yang tidak bergerak. Sumber-sumber ini mendorong polutan naik hingga mencapai atmosfir, sehingga polutan-polutan tersebut bisa menempuh jarak yang jauh sebelum jatuh kembali ke tanah. Sementara polutan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor berada tidak jauh dari tanah dan mengalami penumpukan tidak jauh dari jalan raya.--University of Pittsburgh--
  • Hyundai Dahului Kompetitor Luncurkan Mobil Fuel Cell Hidrogen
    Sabtu, September 04, 2010 07:45:29
    Pasar mobil fuel cell hidrogen masih terbuka lebar, Hyundai berencana mencuri start dalam memproduksi dan menjual mobil fuel cell hidrogennya. 
  • California Susul Jepang Bangun PLTS Ruang Angkasa
    Senin, Desember 07, 2009 12:51:13
    California tidak mau tertinggal dari Jepang dalam membangun PLTS ruang angkasa, yang segera akan diwujudkannya pada tahun 2016.