Emily Cummins ciptakan refrigerator sederhana tenaga surya
By hanaa fitari
Senin, Januari 19, 2009 10:39:23 Send to a friend Print Version

Emily Cummins bersama dengan tabung pendingin tenaga surya hasil rekayasanya. Menerapkan prinsip dasar fisika dan memberikan manfaat bagi banyak orang di Afrika.

Ternyata teori dan prinsip sederhana fisika yang ada bisa langsung digunakan untuk membuat suatu rekayasa teknologi terapan. Banyak yang sudah menerapkannya dan terbukti menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satunya adalah Emily Cummins, seorang mahasiswi berusia 21 tahun, mendapatkan ide untuk membuat tabung pendingin bertenaga surya setelah terilhami dengan proses biologi untuk mendinginkan tubuh ketika seseorang berkeringat. Yang menarik adalah bahan-bahan yang digunakannya juga mudah didapat, yaitu dari bahan-bahan dan peralatan rumah tangga.

Tabung pendingin yang difungsikan untuk menyimpan bahan makanan seperti susu dan daging, bekerja dengan prinsip evaporasi. Tabungnya dibuat terdiri dari dua bagian. Bagian dalamnya terbuat dari logam dan bagian luarnya bisa terbuat dari apa saja, seperti kayu atau plastik. Di antara bagian itu bisa diisi dengan bahan organik seperti pasir, wool atau tanah yang telah dibasahi oleh air. Ketika matahari mulai menghangatkan bahan organik tersebut, air akan menguap, dan menurunkan suhu di bagian dalam hingga 6 ºC.

SolarHasil rekayasanya berupa tabung pendingin tersebut kini sudah digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin di Afrika. Emily Cummins juga berencana untuk mematenkan model portabel yang lebih canggih untuk digunakan dalam pengiriman produk-produk medis di negara-negara dengan iklim panas.

Ternyata dari sejak umur 4 tahun, Emily Cummins sudah dikenalkan dengan peralatan-peralatan kerja kakeknya, sehingga tidak mengherankan selama perjalanannya beranjak dewasa, dia sudah banyak menciptakan produk yang tepat guna.
Save big at CompostBins.com



Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Laboratorium Penangkapan...


Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan BGP-Engineer Belanda dan Pemkot Malang,...

Kabel coaxial dengan...


Para ilmuwan telah mendesain sebuah kabel berteknologi nano, untuk diaplikasikan pada sel surya...

Mesin berteknologi nano...


Mesin sederhana yang memanfaatkan tenaga surya secara langsung, dikembangkan oleh para ilmuwan...

Sharp padukan TV LCD 26 inci...


Panel surya dan televisi LCD yang dikembangkan Sharp dipamerkan di Rumah Tanpa Emisi, sebagai...

Terpopuler Minggu Ini


    Save big at CompostBins.com

    Artikel Informatif Lainnya

    • Pendingin susu dengan zeolit dan biomassa
      Rabu, Februari 11, 2009 14:29:48
      Alat pendingin makanan portabel dengan sumber energi terbarukan semakin menarik minat banyak orang. Selain ketidaktergantungan pada listrik, fungsinya untuk menyimpan makanan pun sama dengan lemari pendingin elektrik, bahkan karena portabel maka bisa ditempatkan dan dibawa kemanapun diperlukan. 
    • Jepang mulai bangun PLTS luar angkasa
      Jumat, Februari 15, 2008 09:00:10
      Rencananya, pada tahun 2030 JAXA sudah memiliki SSPS (Space Solar Power System). SSPS tersebut akan terdiri dari sebuah solar kolektor raksasa dan sistem transmisi dayanya di ketinggian 36.000 kilometer orbit geostationer.--hokkaido shimbun-- 
    • Cina Janji Dorong Langkah-Langkah ''Hijau'' Dalam Lima Tahun Ke Depan
      Minggu, Maret 06, 2011 08:47:16
      Cina yang masih memegang predikat penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia akan berusaha keras melakukan koservasi energi dan lingkungan. 
    • Perancis Akan Mengganti Seluruh Truk Sampah Konvensional Dengan Truk Sampah Listrik
      Sabtu, Mei 07, 2011 15:34:32
      Perancis rencananya akan mengganti semua truk sampah yang menggunakan bahan bakar fosil dengan truk sampah listrik. 
    • ZTE produksi Coral-200, handphone surya termurah
      Jumat, Februari 27, 2009 09:12:05
      Tidak hanya Samsung yang mulai membuat produk telepon seluler surya, Cina juga memproduksi produk telepon seluler surya dengan harga yang lebih murah.