Emily Cummins ciptakan refrigerator sederhana tenaga surya
By hanaa fitari
Senin, Januari 19, 2009 10:39:23 Send to a friend Print Version

Emily Cummins bersama dengan tabung pendingin tenaga surya hasil rekayasanya. Menerapkan prinsip dasar fisika dan memberikan manfaat bagi banyak orang di Afrika.

Ternyata teori dan prinsip sederhana fisika yang ada bisa langsung digunakan untuk membuat suatu rekayasa teknologi terapan. Banyak yang sudah menerapkannya dan terbukti menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satunya adalah Emily Cummins, seorang mahasiswi berusia 21 tahun, mendapatkan ide untuk membuat tabung pendingin bertenaga surya setelah terilhami dengan proses biologi untuk mendinginkan tubuh ketika seseorang berkeringat. Yang menarik adalah bahan-bahan yang digunakannya juga mudah didapat, yaitu dari bahan-bahan dan peralatan rumah tangga.

Tabung pendingin yang difungsikan untuk menyimpan bahan makanan seperti susu dan daging, bekerja dengan prinsip evaporasi. Tabungnya dibuat terdiri dari dua bagian. Bagian dalamnya terbuat dari logam dan bagian luarnya bisa terbuat dari apa saja, seperti kayu atau plastik. Di antara bagian itu bisa diisi dengan bahan organik seperti pasir, wool atau tanah yang telah dibasahi oleh air. Ketika matahari mulai menghangatkan bahan organik tersebut, air akan menguap, dan menurunkan suhu di bagian dalam hingga 6 ºC.

SolarHasil rekayasanya berupa tabung pendingin tersebut kini sudah digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin di Afrika. Emily Cummins juga berencana untuk mematenkan model portabel yang lebih canggih untuk digunakan dalam pengiriman produk-produk medis di negara-negara dengan iklim panas.

Ternyata dari sejak umur 4 tahun, Emily Cummins sudah dikenalkan dengan peralatan-peralatan kerja kakeknya, sehingga tidak mengherankan selama perjalanannya beranjak dewasa, dia sudah banyak menciptakan produk yang tepat guna.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Tahun 2010, handphone Anda...


Fuel cell mikro yang digunakan Samsung bisa menghasilkan daya listrik hingga 3 watt dan bisa juga...

Genset fuel cell portabel...


Millenium Cell Inc dan

Teknologi Konversi Air...


Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 220 juta orang dan sebagain besar penduduknya tinggal di...

Inovasi busi dengan ultrasonic


Busi dengan inovasi ultrasonic (U.S. Patent No. 5,610,470) mampu meningkatkan efisiensi...

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • Sea sponge leads way to cheaper solar cells
      Jumat, Maret 30, 2007 17:01:23
      Marine sponges are humble creatures, but some of them have a special talent.--University of California--
    • Turbin angin berbasis Darrieus, berprinsip kerja Tesla
      Senin, Juli 07, 2008 10:57:53
      Turbin angin yang mempunyai prinsip kerja turbin Tesla dan mempunyai desain berdasar turbin Darrieus telah dikembangkan oleh TESNIC. 
    • Nanogenerator Provides Continuous Direct Current
      Senin, April 09, 2007 09:17:10
      Researchers have demonstrated a prototype nanometer-scale generator that produces continuous direct-current electricity by harvesting mechanical energy from such environmental sources as ultrasonic waves, mechanical vibration or blood flow.--School of Materials Science and Engineering-- 
    • Sisi gelap ketergantungan dunia terhadap batubara
      Rabu, November 07, 2007 17:27:49
      Dibutuhkan waktu 5 sampai 10 hari, polusi dari pembangkit listrik batubara Cina sampai ke Amerika Serikat. Selama perjalanan, polusi tersebut juga menyumbang hujan asam yang terjadi di Jepang dan Korea Selatan. 
    • Organic molecules convert heat to energy
      Jumat, Maret 02, 2007 08:40:20
      BERKELEY, California - U.S. engineers r