Emily Cummins ciptakan refrigerator sederhana tenaga surya
By hanaa fitari
Senin, Januari 19, 2009 10:39:23 Send to a friend Print Version

Emily Cummins bersama dengan tabung pendingin tenaga surya hasil rekayasanya. Menerapkan prinsip dasar fisika dan memberikan manfaat bagi banyak orang di Afrika.

Ternyata teori dan prinsip sederhana fisika yang ada bisa langsung digunakan untuk membuat suatu rekayasa teknologi terapan. Banyak yang sudah menerapkannya dan terbukti menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satunya adalah Emily Cummins, seorang mahasiswi berusia 21 tahun, mendapatkan ide untuk membuat tabung pendingin bertenaga surya setelah terilhami dengan proses biologi untuk mendinginkan tubuh ketika seseorang berkeringat. Yang menarik adalah bahan-bahan yang digunakannya juga mudah didapat, yaitu dari bahan-bahan dan peralatan rumah tangga.

Tabung pendingin yang difungsikan untuk menyimpan bahan makanan seperti susu dan daging, bekerja dengan prinsip evaporasi. Tabungnya dibuat terdiri dari dua bagian. Bagian dalamnya terbuat dari logam dan bagian luarnya bisa terbuat dari apa saja, seperti kayu atau plastik. Di antara bagian itu bisa diisi dengan bahan organik seperti pasir, wool atau tanah yang telah dibasahi oleh air. Ketika matahari mulai menghangatkan bahan organik tersebut, air akan menguap, dan menurunkan suhu di bagian dalam hingga 6 ºC.

SolarHasil rekayasanya berupa tabung pendingin tersebut kini sudah digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin di Afrika. Emily Cummins juga berencana untuk mematenkan model portabel yang lebih canggih untuk digunakan dalam pengiriman produk-produk medis di negara-negara dengan iklim panas.

Ternyata dari sejak umur 4 tahun, Emily Cummins sudah dikenalkan dengan peralatan-peralatan kerja kakeknya, sehingga tidak mengherankan selama perjalanannya beranjak dewasa, dia sudah banyak menciptakan produk yang tepat guna.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Sharp padukan TV LCD 26 inci...


Panel surya dan televisi LCD yang dikembangkan Sharp dipamerkan di Rumah Tanpa Emisi, sebagai...

Mengurangi emisi CO2 pada...


Kemampuan untuk menyaring dan memisahkan molekul-molekul tersebut terletak pada pori-pori berbentuk...

Aluminium dan Gallium :...


Purdue University mengembangkan metode baru untuk menghasilkan hidrogen dari logam campuran...

Ilmuwan Temukan Baju...


Ilmuwan temukan metode untuk membuat baju menjadi penghasil dan penyimpan energi listrik untuk...

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • WALHI Gugat Lapindo Brantas Inc
      Kamis, Februari 15, 2007 11:22:13
      Wahana Lingkungan Hidup Indonesia menggugat PT Lapindo Brantas Inc dan sejumlah pihak lain yang dinilai bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan akibat semburan lumpur di Sidoarjo. Gugatan didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (12/2).
    • Memisahkan air menggunakan matahari
      Senin, Oktober 01, 2007 07:11:15
      Di masa depan, hidrogen akan menjadi salah satu bahan bakar yang terpenting. Sedangkan matahari, akan menjadi sumber energi utama. Lalu, kenapa tidak menggabungkan keduanya untuk menghasilkan hidrogen dengan menggunakan energi matahari secara langsung tanpa melalui jalan panjang yang melibatkan arus listrik?--physorg--
    • California Susul Jepang Bangun PLTS Ruang Angkasa
      Senin, Desember 07, 2009 12:51:13
      California tidak mau tertinggal dari Jepang dalam membangun PLTS ruang angkasa, yang segera akan diwujudkannya pada tahun 2016. 
    • Pelampung bawah air penghasil listrik
      Jumat, Juni 22, 2007 10:05:16
      Untuk mengambil energi gelombang laut dan merubahnya menjadi energi lsitrik, AWS Ocean Energy telah mengembangkan pelampung yang dipasang 50 meter di bawah permukaan laut.--AWS Ocean Energy-- 
    • Pemenang Lelang PLTP Ungaran Mundur Hingga Maret 2010
      Kamis, Februari 04, 2010 10:41:04
      Pemenang lelang PLTP Ungaran diumumkan mundur hingga bulan Maret mendatang, dikarenakan keputusan harga listrik dari geothermal yang baru sebesar 9,7 sen per dolar untuk Jawa Tengah baru turun pada Desember tahun lalu.