Emily Cummins ciptakan refrigerator sederhana tenaga surya
By hanaa fitari
Senin, Januari 19, 2009 10:39:23 Send to a friend Print Version

Emily Cummins bersama dengan tabung pendingin tenaga surya hasil rekayasanya. Menerapkan prinsip dasar fisika dan memberikan manfaat bagi banyak orang di Afrika.

Ternyata teori dan prinsip sederhana fisika yang ada bisa langsung digunakan untuk membuat suatu rekayasa teknologi terapan. Banyak yang sudah menerapkannya dan terbukti menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satunya adalah Emily Cummins, seorang mahasiswi berusia 21 tahun, mendapatkan ide untuk membuat tabung pendingin bertenaga surya setelah terilhami dengan proses biologi untuk mendinginkan tubuh ketika seseorang berkeringat. Yang menarik adalah bahan-bahan yang digunakannya juga mudah didapat, yaitu dari bahan-bahan dan peralatan rumah tangga.

Tabung pendingin yang difungsikan untuk menyimpan bahan makanan seperti susu dan daging, bekerja dengan prinsip evaporasi. Tabungnya dibuat terdiri dari dua bagian. Bagian dalamnya terbuat dari logam dan bagian luarnya bisa terbuat dari apa saja, seperti kayu atau plastik. Di antara bagian itu bisa diisi dengan bahan organik seperti pasir, wool atau tanah yang telah dibasahi oleh air. Ketika matahari mulai menghangatkan bahan organik tersebut, air akan menguap, dan menurunkan suhu di bagian dalam hingga 6 ºC.

SolarHasil rekayasanya berupa tabung pendingin tersebut kini sudah digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin di Afrika. Emily Cummins juga berencana untuk mematenkan model portabel yang lebih canggih untuk digunakan dalam pengiriman produk-produk medis di negara-negara dengan iklim panas.

Ternyata dari sejak umur 4 tahun, Emily Cummins sudah dikenalkan dengan peralatan-peralatan kerja kakeknya, sehingga tidak mengherankan selama perjalanannya beranjak dewasa, dia sudah banyak menciptakan produk yang tepat guna.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Transmisi daya tanpa kabel.


Percayakah Anda bahwa transmisi daya listrik bisa tanpa kabel?Jawabnya...ada.--bussines 2.0...

Jepang gencar kembangkan...


Produsen mobil di Jepang kini sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan dan memproduksi mobil...

Mobil Listrik Nissan Isi...


Nissan kembangkan teknologi wireless charging untuk mobil listrik Zero Emission Vehicle...

Bisakah bulan mengendalikan...


Jika kita bisa mengatur agar matahari mengendalikan nyala dan matinya lampu jalanan, kenapa kita...

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • Kapasitas PLTBayu baru di dunia mencapai 20 GW
      Rabu, Januari 30, 2008 13:34:39
      Global Wind Energy Council (GWEC), lembaga yang didirikan tahun 2005 untuk menjadi forum bagi sektor energi angin di tingkat internasional, baru-baru ini mengumumkan besarnya kapasitas pembangkit listrik yang terpasang di tahun 2007 mencapai 20 gigawatt.
    • Protein tanaman bisa meningkatkan produksi biofuel : Bagian 2
      Sabtu, April 28, 2007 10:00:35
      Permasalahan yang ada saat ini adalah proses degradasi selulose yang efisien.
    • UK Offshore Wind Farm to Generate 500 MW
      Minggu, Februari 25, 2007 13:22:23
      Greater Gabbard Offshore Winds Limited (GGOWL), a joint venture between Irish wind giant Airtricity and Texas-based Fortune 500 company Fluor, received planning permission on Monday from the British government for the construction of a 500 megawatt (MW) offshore wind farm to be located in the Outer Thames Estuary.
    • Iran finds consensus a must for managing energy market
      Jumat, Mei 04, 2007 07:40:42
      Iran?s Minister of Petroleum Seyyed Kazem Vaziri-Hamaneh here Wednesday called on his Asian counterparts to manage the energy market through unanimity.--tehrantimes--
    • Material sel surya yang mampu menangkap semua warna pelangi
      Jumat, Oktober 17, 2008 17:04:49
      Para peneliti telah membuat material yang memiliki kelebihan : menangkap semua rentang spektrum cahaya matahari dan menghasilkan elektron yang lebih mudah untuk ditangkap.