Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
By hanaa fitari
Senin, September 28, 2009 11:56:41 Send to a friend Print Version

Mesin yang digunakan Envion untuk mengolah sampah dan mengubahnya menjadi bahan bakar minyak.

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mendaur ulangnya agar menghasilkan nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Fasilitas yang dimiliki Envion diperkirakan mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.

Menurut Michael Han, CEO sekaligus direktur utama Envion, proses pengolahan sampah plastik untuk menghasilkan minyak satu barel dibutuhkan biaya US$10. Meski proses dan detil teknologinya masih ditutup rapat dan belum dipublikasikan, tapi Envion berencana untuk memberikan lisensi agar teknologi yang dikembangkannya bisa digunakan di seluruh dunia.
Green Inc.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

PowerBeam kembangkan...


PowerBeam kembangkan teknologi laser untuk mengirim energi listrik dari sebuah stop kontak ke suatu...

Pabrikan komponen pesawat...


US Renewables Group juga telah menandatangani kerja sama jangka panjang dengan Hamilton untuk...

Sanbury's manfaatkan listrik...


Sebuah swalayan di Inggris mempunyai ide untuk tidak menyia-nyiakan banyaknya kendaraan yang masuk...

ZTE produksi Coral-200,...


Tidak hanya Samsung yang mulai membuat produk telepon seluler surya, Cina juga memproduksi produk...

Terpopuler Minggu Ini


Lazada Indonesia

Artikel Informatif Lainnya

  • Surat Kecaman Ilmuwan Bagi Politikus Anti Pemanasan Global
    Selasa, Mei 11, 2010 13:03:56
    Kelompok Ilmuwan di Amerika Serikat menulis sebuah surat yang isinya adalah kecaman terhadap kondisi yang dialami para ilmuwan iklim yang mengalami banyak hujatan dan tekanan. 
  • Di Tangan Ilmuwan Louisiana Tech University, Sepatu Hasilkan Listrik
    Jumat, April 30, 2010 09:59:27
    Louisiana Tech University mengembangkan teknologi yang dipasang di dalam sepatu untuk memanen energi kinetik dari aktivitas manusia.  
  • Deep Green, Melayang Bersama Arus Laut Sekaligus Menghasilkan Listrik
    Jumat, Mei 14, 2010 13:07:50
    Sebuah teknologi pembangkit listrik arus laut yang mengadopsi prinsip layang-layang kembali dibuat oleh sebuah perusahaan Swedia. Deep Green produksi Minesto, berukuran lebih kecil dibanding teknologi pemanen arus laut konvensional lainnya dengan efisiensi yang lebih baik. 
  • LGE mengincar pasar solusi energi
    Selasa, November 06, 2007 11:11:13
    Semakin tingginya harga minyak mentah di pasaran dunia, dan tekanan bagi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan managemen yang lebih bersifat ramah lingkungan, LG Electronic berusaha mencari kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya. --lge--
  • Mengubah Sampah Plastik Menjadi Makanan Lezat
    Kamis, Februari 05, 2015 18:00:39
    Livin Studio kembangkan jamur Mutarium sebagai riset untuk menjadikan limbah plastik bisa dikonsumsi dengan bantuan jamur, agar-agar, dan rempah-rempah