Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
By hanaa fitari
Senin, September 28, 2009 11:56:41 Send to a friend Print Version

Mesin yang digunakan Envion untuk mengolah sampah dan mengubahnya menjadi bahan bakar minyak.

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mendaur ulangnya agar menghasilkan nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Fasilitas yang dimiliki Envion diperkirakan mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.

Menurut Michael Han, CEO sekaligus direktur utama Envion, proses pengolahan sampah plastik untuk menghasilkan minyak satu barel dibutuhkan biaya US$10. Meski proses dan detil teknologinya masih ditutup rapat dan belum dipublikasikan, tapi Envion berencana untuk memberikan lisensi agar teknologi yang dikembangkannya bisa digunakan di seluruh dunia.
Green Inc.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Mengubah gas alam menjadi...


Gas alam adalah sumber energi yang bisa diandalkan sekaligus salah satu penyumbang gas rumah kaca....

Toshiba mengembangkan reaktor...


Reaktor yang bisa menghasilkan daya sebesar 200 kW tersebut didesain untuk tetap aman jika ada...

Wireless Electricity : satu...


Tim peneliti dari MIT menemukan metode untuk mentransfer energi listrik ke sebuah peralatan...

Genset fuel cell portabel...


Millenium Cell Inc dan

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • Semen Dan Beton Ramah Lingkungan
      Kamis, Februari 04, 2010 14:10:24
      Rumah bisa dijadikan ramah lingkungan mulai dari pembangunannya. Selama ini semen dan beton tradisional yang digunakan dalam pembangunan gedung dan rumah, melepas banyak CO2 ke udara. Kini dua buah perusahaan berbasis di Amerika Serikat dan Inggris menawarkan solusi semen dan beton yang lebih ramah lingkungan. 
    • Lembaga Pemasyarakatan gunakan PLTS
      Selasa, Juni 03, 2008 06:56:09
      Sebuah lembaga pemasyarakatan di California, Amerika Serikat menggunakan PLTS untuk memenuhi kebutuhan energi listriknya.
    • LGE mengincar pasar solusi energi
      Selasa, November 06, 2007 11:11:13
      Semakin tingginya harga minyak mentah di pasaran dunia, dan tekanan bagi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan managemen yang lebih bersifat ramah lingkungan, LG Electronic berusaha mencari kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya. --lge--
    • Pendingin susu dengan zeolit dan biomassa
      Rabu, Februari 11, 2009 14:29:48
      Alat pendingin makanan portabel dengan sumber energi terbarukan semakin menarik minat banyak orang. Selain ketidaktergantungan pada listrik, fungsinya untuk menyimpan makanan pun sama dengan lemari pendingin elektrik, bahkan karena portabel maka bisa ditempatkan dan dibawa kemanapun diperlukan. 
    • Laut semakin tidak layak huni lagi bagi mahluk hidup
      Rabu, Juni 17, 2009 08:40:35
      Laut memang menjadi penyerap CO2 terbesar, tetapi kemampuannya terbatas. Kini laut mengalami perubahan kondisi akibat semakin tingginya CO2 yang harus diserap.