Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
By hanaa fitari
Senin, September 28, 2009 11:56:41 Send to a friend Print Version

Mesin yang digunakan Envion untuk mengolah sampah dan mengubahnya menjadi bahan bakar minyak.

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mendaur ulangnya agar menghasilkan nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Fasilitas yang dimiliki Envion diperkirakan mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.

Menurut Michael Han, CEO sekaligus direktur utama Envion, proses pengolahan sampah plastik untuk menghasilkan minyak satu barel dibutuhkan biaya US$10. Meski proses dan detil teknologinya masih ditutup rapat dan belum dipublikasikan, tapi Envion berencana untuk memberikan lisensi agar teknologi yang dikembangkannya bisa digunakan di seluruh dunia.
Green Inc.

Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Lahan parkir dan jalan raya...


Panas yang diterima area parkir dan jalan raya kini semakin banyak diminati para peneliti untuk...

Bisakah bulan mengendalikan...


Jika kita bisa mengatur agar matahari mengendalikan nyala dan matinya lampu jalanan, kenapa kita...

Kain berteknologi...


Nanoteknologi masih menjadi alternatif para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi guna menangkap...

Memisahkan air dari bahan...


Kini ada metode aternatif lain untuk memisahkan air dari bahan bakar bio dengan lebih mudah...

Terpopuler Minggu Ini


    Lazada Indonesia

    Artikel Informatif Lainnya

    • Masukkan gula ke dalam sel tunam, beberapa ratus milivolt akan didapatkan
      Jumat, November 30, 2007 09:29:00
      Dalam salah satu terbitannya, Journal of Global Energy Issues, Inderscience Publisher memaparkan tentang sel tunam (fuel cell) jenis baru berbasis gula yang didapatkan dari biomassa. Peralatan yang digunakan untuk melakukan percobaan tersebut menggunakan energi matahari guna mengubah glukosa menjadi hidrogen dan menghasilkan beberapa ratus milivolt.--Inderscience Publishers--
    • Jaringan listrik abad 21
      Kamis, November 15, 2007 08:19:14
      Teknologi transmisi dan distribusi jaringan listrik hampir tidak mengalami perubahan selama 100 tahun.--renewableenergyaccess-- 
    • Toyota Tanam ''Bunga Matahari'' Demi Prius
      Rabu, Juli 22, 2009 10:17:07
      Toyota menerapkan strategi baru pemasaran Prius generasi ketiga dengan menanam Solar Flower di berbagai kota besar Amerika Serikat dan memberikan kemudahan bagi pengguna perangkat elektronik bergerak untuk mengisi ulang baterai. 
    • Penghargaan sebesar US$ 2 juta untuk Liquida
      Senin, Oktober 08, 2007 07:39:55
      Penghargaan yang diberikan tersebut dimaksudkan untuk pengembangan dan pabrikasi sel surya film tipis yang efektif dari segi biaya dan mempunyai efisiensi tinggi.--renewable energy access--
    • Inovasi Liquid Solar Array Optimalkan Bendungan Untuk Menghasilkan Listrik
      Kamis, Maret 31, 2011 15:59:00
      Inovasi teknologi energi surya yang dikembangkan Sunengy memungkinkan bendungan menjadi lokasi penghasil listrik yang tepat.