Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
By hanaa fitari
Senin, September 28, 2009 11:56:41 Send to a friend Print Version

Mesin yang digunakan Envion untuk mengolah sampah dan mengubahnya menjadi bahan bakar minyak.

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mendaur ulangnya agar menghasilkan nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Fasilitas yang dimiliki Envion diperkirakan mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.

Menurut Michael Han, CEO sekaligus direktur utama Envion, proses pengolahan sampah plastik untuk menghasilkan minyak satu barel dibutuhkan biaya US$10. Meski proses dan detil teknologinya masih ditutup rapat dan belum dipublikasikan, tapi Envion berencana untuk memberikan lisensi agar teknologi yang dikembangkannya bisa digunakan di seluruh dunia.
Green Inc.
Save big at CompostBins.com



Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Jepang gencar kembangkan...


Produsen mobil di Jepang kini sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan dan memproduksi mobil...

Samsung Kenalkan Telepon...


Samsung memperkenalkan kembali sebuah produk telepon seluler ''hijau''nya yang kini terbuat dari...

Mengurai energi air hujan...


Masih banyak energi yang bisa dimanfaatkan di sekitar kita. Yang diperlukan hanyalah kejelian untuk...

Zira, pulau modern yang ramah...


Azerbaijan kini menjadi salah satu dari sekian negara yang mulai membangun area percontohan yang...

Terpopuler Minggu Ini


    Save big at CompostBins.com

    Artikel Informatif Lainnya

    • Ajari anak hemat energi dengan Power-Hog
      Jumat, Maret 13, 2009 10:55:52
      Penghematan energi perlu diperkenalkan dan diterapkan bagi anak-anak sejak dini. Salah satu prototip yang bisa ditiru adalah Power-Hog, celengan berbentuk babi lucu yang akan mengalirkan listrik ke peralatan elektronik selama 30 menit. 
    • Tequila Ataukah Bahan Bakar Bio?
      Kamis, Februari 03, 2011 08:37:17
      Minuman beralkohol khas Spanyol, tequila kelak mungkin harus bersaing dengan bahan bakar bio. 
    • Fuel Cell pun tertarik dengan sapi
      Senin, September 17, 2007 08:16:57
      Para peneliti di Ohio State University menggunakan cairan dari sapi yang kaya dengan mikroba untuk menghasilkan listrik di dalam fuel cell mikroba yang berbasis selulose. --United Press-- 
    • CO2 to Butanol
      Selasa, Februari 27, 2007 08:02:03
      Global Energy is currently developing gas-to-liquids (GTL) technology which utilizes CO2 gas to make butanol. Butanol can be used in most gasoline engines without modification. It has also been identified as a possible jet fuel to use in turbines.
    • Realisasi Pengolah Sampah BPPT di Banten Macet
      Jumat, Maret 30, 2007 17:21:59
      Pengolah sampah di Bojong Menteng, Kabupaten Serang, Banten, dengan kapasitas tampung per siklus 25 juta ton sampah dan masa pakai tak terbatas hasil rancangan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sejak 2004, kini realisasinya macet.