Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
By hanaa fitari
Senin, September 28, 2009 11:56:41 Send to a friend Print Version

Mesin yang digunakan Envion untuk mengolah sampah dan mengubahnya menjadi bahan bakar minyak.

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mendaur ulangnya agar menghasilkan nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Fasilitas yang dimiliki Envion diperkirakan mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.

Menurut Michael Han, CEO sekaligus direktur utama Envion, proses pengolahan sampah plastik untuk menghasilkan minyak satu barel dibutuhkan biaya US$10. Meski proses dan detil teknologinya masih ditutup rapat dan belum dipublikasikan, tapi Envion berencana untuk memberikan lisensi agar teknologi yang dikembangkannya bisa digunakan di seluruh dunia.
Green Inc.
Save big at CompostBins.com



Artikel Teknologi Hijau Lainnya

Mesin dengan teknologi HCCI,...


Dalam kondisi pengendaraan tertentu, mesin hasil rekayasa para peneliti MIT tersebut bisa bekerja...

Bisakah bulan mengendalikan...


Jika kita bisa mengatur agar matahari mengendalikan nyala dan matinya lampu jalanan, kenapa kita...

Menghemat BBM dengan air


Kenaikan harga BBM saat ini bisa disiasati dengan penggunaan alat yang dikembangkan oleh Djoko...

Wallpaper Pengganti Lampu


Para peneliti di Inggris sedang mengembangkan wallpaper yang bisa mengeluarkan cahaya sendiri.

Terpopuler Minggu Ini


    Save big at CompostBins.com

    Artikel Informatif Lainnya

    • GM dan SAIC luncurkan kendaraan berteknologi propulsi sel tunam
      Senin, April 27, 2009 10:44:12
      General Motors Corp. dan Shanghai Automotive Industry Corp. Group (SAIC) meluncurkan Shanghai Brand Fuel Cell Vehicle, dengan teknologi propulsi sel tunam generasi keempat milik General Motor. 
    • Paus bongkok sumber inspirasi sudu turbin angin
      Rabu, Maret 12, 2008 10:08:51
      Desain berteknologi tinggi alam semesta, kembali menjadi contoh dan inspirasi para peneliti Harvard University. Hasil penelitian tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan sudu turbin angin yang jauh lebih efisien. 
    • Mengubah botol menjadi lampu yang indah
      Kamis, Januari 22, 2009 15:28:23
      Solarbulb, lampu hemat energi yang didesain menggunakan sel surya untuk menyuplai energi listriknya, bisa mengubah botol menjadi lampu yang sangat menarik. 
    • Shell : permintaan energi global naik dua kali lipat, sumber energi terbarukan masih terlalu mahal
      Selasa, Februari 26, 2008 14:24:22
      ''Pada tahun 2050, permintaan energi secara global diperkirakan akan mengalami peningkatan dua kali lipat, tetapi sumber energi terbarukan masih terlalu mahal dan membutuhkan puluhan tahun hingga sumber energi terbarukan tersebut terasa dampaknya''. --reuters--
    • Houston Area Power Plant Runs Entirely on Biodiesel
      Jumat, Maret 09, 2007 10:32:11
      Oak Ridge North, Texas - Biofuels Power Corp. has begun producing and selling electricity into the ERCOT Power Grid from its biodiesel powered generating plant in Oak Ridge North, Texas, which is run entirely on biodiesel.