Ada dua jenis energi yang dihasilkan laut yaitu energi termal sebagai akibat dari pemanasan matahari dan energi mekanik sebagai akibat dari adanya gerakan gelombang dan arus laut.

Laut adalah penyerap sinar matahari yang terbesar di atas permukaan bumi, karena sebanyak 70% dari permukaan laut tertutup oleh lautan. Panas matahari akan memanaskan permukaan air sedangkan bagian dalam laut akan lebih dingin. Perbedaan suhu tersebut akan menghasilkan energi termal. Hanya dengan sedikit panas yang terperangkap di lautan, listrik di seluruh dunia sudah bisa tercukupi.
Turbin angin mengambil energi angin dengan menurunkan kecepatannya. Untuk bisa mencapai 100% efisien, maka sebuah turbin angin harus menahan 100% kecepatan angin yang ada, dan rotor harus terbuat dari piringan solid dan tidak berputar sama sekali, yang artinya tidak ada energi kinetik yang akan dikonversi.

Energi angin bisa ditangkap dengan dua atau tiga buah bilah sudu yang didesain seperti sayap pesawat terbang. Untuk mendapatkan kecepatan angin yang cukup tinggi, konstan, dan tidak terlalu banyak turbulensi biasanya turbin angin dipasang di atas sebuah menara pada ketinggian 30 meter atau lebih.

Bilah sudu yang digunakan berfungsi seperti sayap pesawat udara. Ketika angin bertiup melalui bilah tersebut, maka akan timbul udara bertekanan rendah di bagian bawah dari sudu, Tekanan udara yang rendah akan menarik sudu bergerak ke area tersebut. Gaya yang ditimbulkan dinamakan gaya angkat. Besarnya gaya angkat biasanya lebih kuat dari tekanan pada sisi depan bilah, atau yang biasa disebut tarik. Kombinasi antara gaya angkat dan tarik menyebabkan rotor berputar seperti propeler dan memutar generator. Turbin angin bisa digunakan secara stand-alone, atau bisa dihubungkan ke jaringan transmisi atau bisa dikombinasikan dengan sistem panel surya.

Untuk perusahaan listrik, sejumlah besar turbin angin dibangun berdekatan untuk membentuk pembangkit listrik tenaga angin. Secara teori, efisiensi maksimum yang bisa dicapai setiap desain turbin angin adalah 59%, artinya energi angin yang bisa diserap hanyalah 59%. Jika faktor-faktor seperti kekuatan dan durabilitas diperhitungkan, maka efisiensi sebenarnya hanya 35 - 45%, bahkan untuk desain terbaik. Terlebih lagi jika ditambah inefisiensi sistem wind turbin lengkap, termasuk generator, bearing, transmisi daya dan sebagainya, hanya 10-30% energi angin yang bisa dikonversikan ke listrik.
Energi geothermal (dari bahasa Yunani; geo = bumi, thermal = panas) memanfaatkan panas dari beberapa sumber, yaitu air panas atau reservoir uap yang terletak jauh di dalam perut bumi dan diakses dengan mengebor; reservoir geothermal yang dekat dengan permukaan bumi; dan geothermal dangkal dengan suhu berkisar 10 - 16 C. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari energi geothermal, yaitu :
  • Mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil
  • Emisi yang ditimbulkan sangat kecil.
  • Energi yang dihasilkannya berkesinambungan mengingat panas yang dimanfaatkan jauh lebih kecil daripada sumber panasnya.
  • Pembangkit yang memanfaatkan energi geothermal bisa beroperasi tanpa terpengaruh waktu dan iklim, sehingga bisa berfungsi untuk memenuhi beban dasar listrik.
Selain itu energi geothermal juga mempunyai kekurangan-kekurangan, antara lain :
  • Air/cairan yang bersumber dari geothermal bersifat korosif.
  • Pada suhu relatif rendah, sesuai hukum termodinamika, efisiensi sistem menurun.
  • Pembangunan pembangkit listrik geothermal juga mempengaruhi kestabilan tanah di area sekitarnya.
  • Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi geothermal dengan tipe dry steam dan flash steam melepaskan emisi karbon dioksida, nitrit oksida, dan sulfur meski dalam jumlah yang sangat kecil.
  • Air yang bersumber dari geothermal juga akan berbahaya bagi mahluk hidup jika dibuang ke sungai karena mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, arsenik, antimony dan sebagainya.
Bermacam sumber geothermal tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk pembangkit listrik, pemanas maupun pendingin ruangan, gedung, ataupun pemanfaatan panasnya untuk jalanan, pertanian dan industri.
Tidak seperti sumber energi terbarukan lainnya, biomassa bisa langsung diubah menjadi bahan bakar cair atau bahan bakar bio (biofuel). Biofuel ini mempunyai dua jenis yang paling banyak dikembangkan, yaitu ethanol dan biodiesel.Ethanol adalah alkohol, sama seperti yang berada di dalam minuman bir ,anggur atau minuman hasil fermentasi lainnya. Meski ethanol adalah alkohol, tetapi tidak bisa diminum karena telah mengalami modifikasi yang disesuaikan dengan keperluannya sebagai bahan bakar.

Ethanol dibuat dengan melakukan fermentasi terhadap biomassa yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi, sama seperti proses yang dilakukan untuk membuat minuman hasil fermentasi. biofuelSaat ini kebanyakan ethanol dibuat dari zat tepung dan gula. Tetapi penelitian masih tetap dilakukan untuk membuat ethanol dari selulosa dan hemiselulosa. Keduanya adalah bahan berserat yang membentuk tanaman.

Dalam penggunaannya. biasanya ethanol digunakan sebagai campuran dengan bensin untuk meningkatkan oktan serta mengurangi emisi karbon monoksida dan gas rumah kaca lainnya.

Berbeda dengan ethanol, yang bisa dibuat langsung dengan fermentasi, biodiesel adalah campuran alkohol (biasanya methanol) dengan minyak nabati, lemak binatang, atau minyak goreng yang yang sudah didaur ulang. Biodiesel biasanya digunakan sebagai bahan aditif (umumnya hanya sebesar 20%) untuk mengurangi emisi gas yang dihasilkan kendaraan atau bisa digunakan dalam bentuk murninya sebagai alternatif bahan bakar terbarukan untuk mesin diesel.
Teknologi energi surya menggunakan energi yang berasal dari matahari untuk menghasilkan panas, cahaya, air panas, listrik, dan bahkan pendinginan, untuk rumah-rumah, komersial dan industri.

Ada bermacam-macam aplikasi teknologi yang telah dikembangkan untuk mengambil manfaat energi surya. Teknologi tersebut dapat dibaca lebih jauh berikut ini.
Hidrogen adalah elemen paling sederhana dari senyawa kimia. Sebuah atom hidrogen terdiri dari hanya satu proton dan satu elektron. Hidrogen juga merupakan elemen yang paling banyak terdapat di alam. Meskipun sebagai elemen paling sederhana dan terbanyak terdapat di alam, hidrogen tidak begitu saja secara alami berbentuk gas, tetapi membentuk senyawa lain seperti air, yang terdiri dari atom hidrogen dan oksigen.

Hidrogen juga banyak ditemukan di bahan-bahan organik, termasuk hidrokarbon yang membentuk berbagai macam bahan bakar, seperti bensin, gas alam, methanol dan propane. Untuk memisahkan hidrogen dari hidrokarbon, biasanya digunakan panas, sebuah proses yang dikenal sebagai reforming. Saat ini, hidrogen banyak dibuat dengan cara demikian dari gas alam.

Cara lain yang digunakan adalah dengan mengalirkan arus listrik ke dalam air. Cara tersebut dinamakan elektrolisa. Bahkan di alam sendiri, dalam kondisi tertentu algae dan bakteri telah memproduksi hidrogen dengan memanfaatkan energi surya.

Energi yang dimiliki hidrogen sangat tinggi. Mesin yang menggunakan bahan bakar hidrogen murni tidak menghasilkan polusi sama sekali. NASA, lembaga antariksa AS telah menggunakan hidrogen cair sejak tahun 1970 untuk mendorong pesawat ruang angkasa dan roketnya masuk ke dalam orbit. Sementara fuel cell hidrogen yang digunakan di dalam pesawat digunakan untuk memasok energi listrik bagi sitem kelistrikan pesawat dan menghasilkan produk sampingan yang bisa diminum para awak pesawat, yaitu air murni.

Di masa depan, hidrogen bisa menjadi sumber energi listrik, dalam artian energi tetap disimpan dalam bentuk yang bisa langsung dimanfaatkan. Sumber-sumber energi terbarukan tidak selamanya bisa menghasilkan energi setiap saat, tetapi dengan menghasilkan energi listrik dan hidrogen yang bisa disimpan hingga saatnya dibutuhkan, sumber energi terbarukan bisa menyediakan listrik setiap saat. Bahkan hidrogen juga bisa ditransportasikan seperti halnya listrik menuju ke lokasi dimana hidrogen tersebut dibutuhkan.
Mainan edukatif yang sangat menarik dan berguna bagi anak-anak anda usia 10+. Selain mengasah kreatifitas, mainan ini juga akan membantu anak anda mengenal dan belajar dengan baik tentang konsep tenaga matahari.

Karena menggunakan panel surya, maka mainan tersebut dapat bekerja tanpa batere dan dapat dibuat dalam enam jenis permainan. Mainan ini terdiri dari 37 bagian yang dikemas dalam kotak ukuran: panjang 18cm x lebar 21cm x tinggi 7cm, dan dirakit sendiri tanpa menggunakan lem serta tidak mengandung materi berbahaya lainnya.

Bentuk yang bisa dihasilkan mainan ini adalah kapal, kincir angin, anak anj ing, pesawat, mobil dan pesawat putar.

Mini_solar_Toy_Kit_package

Isi kit yang masih terpisah-pisah

Solar_Air_Boat_Toy

Solar boat  -- Salah satu bentuk yang bisa dibuat dari kit


Solar_Car_Toy

Solar Car -- Bisa menjadi mobilan tenaga surya


Solar_Plane_Toy

Solar Plane -- Bentuk lain yang bisa dibuat dari kit


Solar_Puppy_Toy

Solar Puppy -- Anak anj ing tenaga surya


Solar_Revolving_Plane_Toy

Revolving Plane -- Berputar dengan tenaga surya


Solar_Wind_Mill_Toy

Solar Windmill -- Salah satu bentuk yang bisa dibuat dari kit


Mainan Mini Solar 6 in 1 Toy Kit tersebut bisa diperoleh di Planethijau seharga Rp. 100.000,- *) dengan cara sebagai berikut :


Bank_Mandiri 

Transfer Bank Mandiri ke :
  • No. rekening : 0060004034389
  • Atas nama : Asri Arumsari Fitriany
Konfirmasikan pembayaran Anda melalui SMS ke 085814442402 atau email dengan format :

Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Jumlah Transfer#Tanggal dan Jam Transfer#No.telepon/handphone

*) Harga belum termasuk ongkos kirim sesuai dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing penyedia jasa pengiriman barang.
Berat : +/- 500 gram
Pembangkit hidro adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi air untuk menghasilkan listrik.

Energi mekanik yang dihasilkan turbin berasal dari energi kinetik air. Turbin yang digunakan memiliki jenis yang berbeda-beda, antara lain crossflow, pelton, francise.
Fuel cell atau sel tunam menggabungkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik, panas dan air. Fuel cell sendiri seringkali dibandingkan dengan baterai. Keduanya sama-sama menghasilkan energi dengan proses kimia yang dimilikinya. Hanya saja fuel cell akan tetap menghasilkan listrik selama pasokan hidrogen tetap ada.

Fuel cell merupakan teknologi yang menjanjikan untuk diaplikasikan sebagai sumber panas dan listrik bagi gedung-gedung dan juga sebagai sumber listrik bagi kendaraan listrik. Fuel cell sendiri bekerja optimal jika mendapatkan pasokan hidrogen murni.

Untuk mendapatkan hidrogen murni, bahan bakar seperti gas alam, methanol dan bahkan bensin bisa diurai dengan menggunakan alat pengurai. Bahkan beberapa fuel cell bisa dipasok dengan methanol tanpa menggunakan peralatan untuk mengurainya.
Biopower atau biomass power adalah biomassa yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Sistem listrik biomassa melibatkan beberapa teknologi-teknologi direct firing dan co-firing atau pembakaran biomassa secara langsung dan tidak langsung, gasifikasi, pyrolysis dan penggunaan mikroba anaerob.

Biomass-PowerplantSebagian besar pembangkit listrik biomassa menggunakan teknologi direct firing. Biomassa dibakar langsung untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk memutar turbin dan menggerakkan generator guna mengubah energi yang dihasilkan menjadi listrik. Di beberapa industri biomassa, uap yang telah digunakan untuk memutar turbin digunakan kembali untuk proses pabrikasi atau digunakan juga untuk penghangat ruangan di dalam bangunan. Sistem pemanfaatan panas dan energi meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan. Pabrik kertas, industri penghasil biomassa terbesar, menghasilkan listrik atau panas sebagai bagian dari proses pembuatan pulp.

Co-firing mengacu pada pencampuran biomassa dengan bahan bakar fosil pada pembangkit listrik konvensional. Pembangkit listrik batu bara bisa menggunakan sistem ini untuk mengurangi emisinya, terutama emisi sulfur dioksida.

Sistem gasifikasi menggunakan suhu tinggi dan kondisi dengan sedikit oksigen untuk mengubah biomassa menjadi gas sintetis. Gas sintetis tersebut yang biasa dikenal dengan syngas merupakan campuran hidrogen dan karbon monoksida, kemudian dengan proses kimia bisa diubah menjadi bahan bakar atau produk-produk turunan lainnya, dan selanjutnya dibakar dalam boiler konvensional. Atau bisa digunakan langsung sebagai pengganti gas alam di dalam turbin gas. Turbin gas sendiri bekerja menyerupai mesin jet, hanya saja turbin gas digunakan untuk memutar generator, bukannya propeler jet. Selain itu, untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi, sistem tersebut bisa dioperasikan dalam ''combined cycle'', dimana gas yang dihasilkan digunakan untuk mendidihkan air, dan uap yang dihasilkan digunakan untuk membangkitkan listrik.

biomass-powerplantPyrolysis adalah proses termokimia yang menyerupai gasifikasi, hanya saja tidak diperbolehkan adanya oksigen dalam proses tersebut. Biomassa yang diproses akan menjadi minyak. Sama halnya dengan syngas, minyak tersebut bisa dibakar untuk menghasilkan listrik atau digunakan dalam pembuatan plastik, perekat atau produk bio lainnya.

Gasifikasi, penguraian anaerobik, dan teknologi-teknologi biomassa lainnya bisa digunakan dalam sistem yang kecil dengan pembakaran internal atau dengan generator-generator lain. Dengan sistem ini, listrik bisa dihasilkan bagi pedesaan yang jauh dari jaringan listrik, bahkan bisa dihubungkan dengan jaringan listrik.
Jika anak Anda mempunyai ide yang berkaitan dengan pemanfaatan energi surya, maka ada baiknya mencoba produk yang satu ini.

Produk ini adalah sel surya monokristalin. Ukurannya tidak besar, hanya 118 x 63 mm. Meski berukuran kecil, tetapi tegangan maksimum yang bisa dihasilkan dalam kondisi terpapar sinar matahari penuh mencapai 5.5 Volt dengan daya maksimal 0.8 Watt peak. Arus yang bisa dihantarkan sebesar 125mA. Efisiensinya berkisar 15% - 18%.

Untuk membuat sebuah modul yang berukuran lebih besar, sel surya ini bisa dihubungkan secara paralel atau seri ataupun kombinasi keduanya. Pemasangan dan penyambungannya juga mudah. Tentunya dengan penambahan sel surya, tegangan, arus dan daya yang dihasilkan juga bertambah besar.

Sel surya monokristalin bisa diperoleh di Planethijau seharga Rp. 120.000,- *) per buah dengan cara sebagai berikut :


Bank_Mandiri 


Transfer Bank Mandiri ke :
  • No. rekening : 0060004034389
  • Atas nama : Asri Arumsari Fitriany
Konfirmasikan pembayaran Anda melalui SMS ke 085814442402 atau email dengan format :

Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Jumlah Transfer#Tanggal dan Jam Transfer#No.telepon/handphone

*) Harga belum termasuk ongkos kirim sesuai dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing penyedia jasa pengiriman barang.
Berat : +/- 500 gram
Pembusukan biomassa secara alamiah juga menghasilkan methane. Gas tersebut, yang dikenal dengan nama biogas, kemudian dikumpulkan pada satu wadah yang bisa terbuat dari mulai plastik hingga beton, dan digunakan untuk menghasilkan listrik.

Sedangkan untuk mendapatkan gas methane di tempat pembuangan akhir sampah, biasanya dibuat lubang seperti sumur untuk melepaskan gas tersebut dari dalam tumpukan sampah biomassa. Pipa-pipa dari setiap sumur tersebut akan mengalirkan gas methane ke sebuah pusat pengolahan, dimana gas tersebut akan disaring dan dibersihkan sebelum dibakar untuk menghasilkan listrik dan mengurangi gas methane (gas penyebab efek rumah kaca) yang dilepaskan tempat pembuangan akhir sampah.

biogasMethane juga bisa dihasilkan dari biomassa melalui penguraian secara anaerobik. Bakteri-bakteri digunakan untuk mengurai bahan-bahan organik dalam kondisi tanpa oksigen di suatu reaktor yang tertutup. Gas hasil penguraian tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan listrik, sementara limbah-limbah yang cukup mengganggu bisa diubah menjadi kompos yang bermanfaat.
Mainan mobilan yang satu ini memang berukuran mini, ukurannya hanya ±2 cm2. Meski berukuran kecil, tetapi mobil mini tersebut telah dilengkapi dengan sel surya.

Pemakaian sel surya tersebut jelas memberikan keuntungan tersendiri. Selain anak bisa bermain sepuasnya selama matahari bersinar tanpa perlu direpotkan dengan penggantian baterai, anak pun bisa belajar bahwa sumber energi bisa didapatkan dari matahari.

Mainan ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak.

Mobil mini tenaga surya tersebut bisa diperoleh di Planethijau seharga Rp. 80.000,- *) per buah dengan cara sebagai berikut :


Bank_Mandiri 

Transfer Bank Mandiri ke :
  • No. rekening : 0060004034389
  • Atas nama : Asri Arumsari Fitriany
Konfirmasikan pembayaran Anda melalui SMS ke 085814442402 atau email dengan format :

Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Jumlah Transfer#Tanggal dan Jam Transfer#No.telepon/handphone

*) Harga belum termasuk ongkos kirim sesuai dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing penyedia jasa pengiriman barang.
Berat : +/- 500 gram
Saat ini membawa perangkat elektronik genggam seperti handphone, pemutar MP3, dan lain sebagainya merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan dalam aktivitas outdoor sekalipun perangkat-perangkat tersebut selalu menemani dalam perjalanan.

Charger ini sangat sesuai bagi mereka yang menyukai kegiatan di luar rumah ataupun melakukan perjalanan ketika tidak ada jaringan listrik yang bisa digunakan untuk menyuplai perangkat elektronik. Tersedia dalam berbagai paket dengan kapasitas baterai yang berbeda.
  • Paket 1. Kapasitas baterai 1000 mAh, Harga Rp.130.000*) per buah. Sesuai untuk handphone tipe lama.
  • Paket 2.  Kapasitas baterai 2000 mAh, harga Rp.150.000*) per buah. Sesuai untuk handphone biasa.
  • Paket 3.  Kapasitas baterai 3000 mAh, harga Rp.180.000*) per buah. Sesuai untuk Blackberry dan handphone terbaru.
Charger tersebut bisa diperoleh di Planethijau dengan cara sebagai berikut :

Bank_Mandiri 

Transfer Bank Mandiri ke :
  • No. rekening : 0060004034389
  • Atas nama : Asri Arumsari Fitriany
Konfirmasikan pembayaran Anda melalui SMS ke 085814442402 atau email dengan format :

Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Jumlah Transfer#Tanggal dan Jam Transfer#No.telepon/handphone

*) Harga belum termasuk ongkos kirim sesuai dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing penyedia jasa pengiriman barang.
Berat : +/- 500 gram
Enviro Battery adalah seperangkat kit yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk mengetahui bagaimana membuat sebuah baterai dengan peralatan yang ada serta memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita menjadi sebuah baterai.

Kit Enviro Battery bisa diperoleh*) di Planethijau seharga Rp. 180.000,- **) per buah dengan cara sebagai berikut :


Bank_Mandiri 


Transfer Bank Mandiri ke :
  • No. rekening : 0060004034389
  • Atas nama : Asri Arumsari Fitriany
Konfirmasikan pembayaran Anda melalui SMS ke 085814442402 atau email dengan format :

Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Jumlah Transfer#Tanggal dan Jam Transfer#No.telepon/handphone

*) Barang perlu diperiksa ketersediaannya.
**) Harga belum termasuk ongkos kirim sesuai dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing penyedia jasa pengiriman barang.
Berat : +/- 500 gram
 

Terpopuler Bulan Ini



    ikuti kami


    rss feedFacebook PlanethijauTwitter Planethijau
    Cellular Country 300x250 Animated Banner